21 Apr 19

Hari Kelimabelas Program CDSR Scholars Exchange to USA: Presentasi Kegiatan dan Paper oleh Para Peneliti CDSR

Oleh : Administrator

Hari Jumat, tanggal 19 April 2019 atau hari kelimabelas Program CDSR Scholars Exchange to USA merupakan hari terakhir para peneliti CDSR di CU Boulder. Pada hari terakhir ini, empat peneliti CDSR yang masih tersisa mempresentasikan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan serta paper yang telah disusun di CU Boulder. Pada kesempatan tersebut, turut hadir Prof. John Z. Zhai selaku Partnership Manager CDSR CU Boulder.

20 Apr 19

Hari Keempatbelas Program CDSR Scholars Exchange to USA: Greenhouse di CU Boulder

Oleh : Administrator

Untuk mendukung penelitiannya di bidang silvikultur, Dr. Ir. Ulfah Juniarti S. M.Agr. dan Dr. Adisti Permatasari P. H., S.Hut., M.Si. mengunjungi green house atau rumah kaca di Departemen Ecology and Evolutionary Biology (EBIO), CU Boulder. Rumah kaca tersebut memiliki koleksi beragam tanaman yang digunakan untuk pengajaran dan penelitian di CU Boulder. Kunjungan tersebut dilaksanakan pada hari keempatbelas Program CDSR Scholars Exchange to USA atau hari Kamis, tanggal 18 April 2019. Dalam kunjungan tersebut, peneliti CDSR bertemu dengan Tess Additon yang merupakan Greenhouse Manager EBIO.

19 Apr 19

Hari Ketigabelas Program CDSR Scholars Exchange to USA: Kunjungan ke Colorado State Forest Service (CSFS) dan Colorado State University (CSU)

Oleh : Administrator

Selain berdiskusi tentang paper dengan para peneliti di CU Boulder, para peneliti CDSR juga berkesempatan untuk mengunjungi instansi lain untuk belajar tentang berbagai hal. Salah satunya adalah dengan berkunjung ke Colorado State Forest Service (CSFS) serta Colorado State University (CSU).

 

18 Apr 19

Hari Keduabelas Program CDSR Scholars Exchange to USA: Diskusi dengan Peneliti dari Ecology and Evolutionary Biology Department, CU Boulder

Oleh : Administrator

Pada hari Selasa, 16 April 2019 atau hari keduabelas Program CDSR Scholars Exchange to USA, Dr. Ir. Ulfah Juniarti S. M.Agr. dan Dr. Adisti Permatasari P. H., S.Hut., M.Si. berkesempatan untuk mengunjungi Ecology and Evolutionary Biology Department, CU Boulder. Di lokasi tersebut, kedua peneliti CDSR yang memiliki fokus penelitian di bidang silvikultur ini berdiskusi dengan Alisha Quandt, Ph.D. dan Prof. William Bowman.

17 Apr 19

Hari Kesebelas Program CDSR Scholars Exchange to USA: Kunjungan ke Boulder County Parks & Open Space

Oleh : Administrator

Pada hari Senin, 15 April 2019 atau hari kesebelas Program CDSR Scholars Exchange to USA, empat peneliti CDSR yang masih berada di CU Boulder terus melaksanakan kegiatan guna mendukung penelitian masing-masing. Seperti yang dilaksanakan oleh Dwi Novitasari, S.T., M.T. yang melakukan kegiatan mentoring dengan Prof. Bernard Amadei, Ph.D., professor di bidang Teknik Sipil yang juga merupakan pendiri Engineers Without Borders.

15 Apr 19

Hari Kesepuluh Program CDSR Scholars Exchange to USA: Presentasi Paper oleh 6 Peneliti CDSR

Oleh : Administrator

Tanggal 12 April 2019, atau hari kesepuluh Program CDSR Scholars Exchange to USA, enam peneliti CDSR mempresentasikan kemajuan pengerjaan paper yang mereka susun dengan kolaborasi dengan peneliti-peneliti CU Boulder di hadapan Prof. John Zai (Partnership Manager CDSR University of Colorado Boulder).

 

13 Apr 19

Hari Kesembilan Program CDSR Scholars Exchange to USA: Persiapan Presentasi Paper

Oleh : Administrator

Pada tanggal 11 April 2019 atau hari kesembilan Program CDSR Scholars Exchange to USA, para peneliti terus melakukan diskusi dengan para peneliti di CU Boulder guna menyelesaikan paper yang telah ditulis masing-masing. Pada kesempatan hari ini, beberapa peneliti berkesempatan untuk berdiskusi dengan Wil V. Srubar, Assistant Professor yang memiliki bidang keahlian Building Systems Engineering dan bidang Materials Science & Engineering, serta dengan Kyri Baker, Assistant Professor yang memiliki bidang keahlian Building Systems Engineering dan Civil Systems.

12 Apr 19

Hari Kedelapan Program CDSR Scholars Exchange to USA: Conference on World Affairs

Oleh : Administrator

Para peneliti CDSR terus mengikuti serangkaian kegiatan dalam program scholars exchange ini. Di samping diskusi dengan para Professor di CU Boulder untuk menyelesaikan paper yang mereka tulis, para peneliti berkesempatan untuk mengikuti berbagai acara yang ada di lingkungan CU Boulder. Kali ini para peneliti CDSR berkesempatan untuk mengikuti rangkaian kegiatan "Conference on World Affairs". “Conference on World Affairs" adalah sebuah konferensi tahunan, terbuka untuk umum serta menampilkan diskusi panel di antara para ahli dalam urusan internasional dan bidang lainnya. Konferensi tersebut diselenggarakan tiap tahun sejak 1948.

10 Apr 19

Hari Ketujuh Program CDSR Scholars Exchange to USA: Engineers Without Borders

Oleh : Administrator

Pada tanggal 9 April 2019 atau hari ketujuh Program CDSR Scholars Exchange to USA, Para Peneliti CDSR berkesempatan untuk berdiskusi dengan tim dari Mortensen Center in Engineering for Developing Communities (MCEDC) yang terdiri dari Prof. Bernard Amadei (Founding Director of the Mortenson Center in Engineering for Developing Communities) dan Dr. Laura MacDonald (Direktur Pelaksana Mortensen Center in Engineering for Developing Communities (MCEDC)). MCEDC terlibat dalam Rekayasa Global dengan menggabungkan pendidikan, penelitian, dan kemitraan untuk memberikan dampak positif bagi orang-orang yang rentan dan lingkungannya dengan meningkatkan alat dan praktik pembangunan.

 

09 Apr 19

Hari Keenam Program CDSR Scholars Exchange to USA: Kuliah Umum Michael A. Filler, Ph.D

Oleh : Administrator

Tanggal 8 April 2019 atau hari ke-6 Program CDSR Scholars Exchange to USA dimulai dengan berbagai kegiatan dari para peneliti dan tim manajemen CDSR. Beberapa peneliti melakukan aktivitas di Sustainable Building Systems Laboratory, CU Boulder. Mereka fokus dalam melanjutkan penulisan paper yang telah direncanakan.

07 Apr 19

Hari Kelima Program CDSR Scholars Exchange to USA: Pameran Documenting Change: Our Climate (Past, Present, Future)

Oleh : Administrator

Pada hari Jumat, 5 April 2019, atau hari kelima pelaksanaan Program CDSR Scholars Exchange to USA, Peneliti-Peneliti CDSR terus mengikuti berbagai kegiatan. Salah satunya adalah dengan mengikuti kuliah Geological Engineering yang diampu oleh Prof. Bernard Amadei. Di dalam kuliah tersebut, Prof. Amadei juga menjelaskan mengenai wind turbine energy dan Engineering for Developing Communities. Sebagai informasi, Prof. Amadei merupakan professor di bidang Teknik Sipil dan merupakan dosen di Departemen Civil, Environmental and Architectural Engineering, CU Boulder. Beliau merupakan ahli di bidang Geotechnical Engineering & Geomechanics, Civil Systems dan Engineering for Developing Communities. Prof. Amadei juga merupakan Keynote Speakers dalam gelaran International Conference on Green Energy and Environment 2019 yang akan diselenggarakan oleh Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung apda tanggal 3-4 September 2019.

05 Apr 19

Hari Keempat Program CDSR Scholars Exchange to USA: Tur Gedung Nearly Zero Energy Building (nZEB) di CU Boulder

Oleh : Administrator

Pada hari Kamis, atau hari keempat Program CDSR Scholars Exchange to USA, Peneliti-Peneliti CDSR mengikuti tur gedung nearly Zero Energy Building (nZEB) di University of Colorado Boulder. Kegiatan ini merupakan bagian dari mata kuliah Building Energy Audit yang diambil oleh Peneliti-Peneliti CDSR. Mata kuliah tersebut diampu oleh ini Prof. Moncef Krarti.