11 Oct 19

CDSR ITB Menyelenggarakan International Conference on Renewable Energy and Sustainable Built Environment (ICRESBE) 2019

Oleh : Administrator

Penelitian mengenai energi terbarukan dan pembangunan lingkungan berkelanjutan terus dilakukan oleh banyak peneliti. Dalam rangka menyediakan ruang bagi para peneliti untuk menyampaikan penelitian tentang tema-tema tersebut, Center for Development of Sustainable Region (CDSR) Institut Teknologi Bandung (ITB) menyelenggarakan International Conference on Renewable Energy and Sustainable Built Environment (ICRESBE) 2019 pada hari Sabtu, 14 September 2019 di Hotel Luxton, Bandung.

11 Sep 19

International Conference on Green Energy and Environment (ICoGEE) 2019 Sukses Digelar

Oleh : Administrator

International Conference on Green Energy and Environment (ICoGEE) 2019 sukses diselenggarakan pada tanggal 3-4 September 2019 di Hotel Sahid Bangka, Pangkalpinang. ICoGEE ini diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Universitas Bangka Belitung dan didukung oleh Center for Development of Sustainable Region (CDSR), program kerjasama Sustainable Higher Education Research Alliances (SHERA) - USAID. Tema konferensi pada penyelenggaraan ICoGEE yang pertama ini adalah "Teknologi dan Inovasi untuk Keberlanjutan Energi dan Lingkungan".

31 Aug 19

CDSR Mengikuti RITECH Expo 2019 di Denpasar, Bali

Oleh : Administrator

Dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) ke 24, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menyelenggarakan pameran yang bertajuk Research Innovation and Technology (RITECH) Expo 2019. Tema HAKTEKNAS ke 24 ini adalah "IPTEK dan INOVASI dalam Industri Kreatif di Era Revolusi Industri 4.0". RITECH Expo tahun ini diselenggarakan pada tanggal 25-28 Agustus 2019 di Lapangan Puputan Renon, Denpasar, Bali. Center for Development of Sustainable Region (CDSR) sebagai sebuah pusat kolaborasi riset (Center Collaboration Research/CCR) yang didanai melalui program Sustainable Higher Education Research Alliances (SHERA) - USAID berkesempatan untuk berpartisipasi dalam RITECH Expo 2019.

 

20 Aug 19

Cerita dari CDSR Scholars Exchange: Kunjungan ke The Jerry Crail Johnson Earth Sciences & Map Library

Oleh : Administrator

Program CDSR Scholars Exchange di University of Colorado Boulder (CU Boulder) meliputi berbagai kegiatan, yaitu: kuliah, training, workshop dan konferensi. Dalam program ini, para peserta juga berkesempatan untuk berdiskusi mengenai penerbitan hasil penelitian dalam jurnal internasional dengan para Professor di CU Boulder. Para peserta juga mengunjungi beberapa bangunan yang menerapkan energi terbarukan dan efisiensi energi. Pada awal kedatangan, Para Peneliti CDSR sudah dinanti dengan jadwal kegiatan yang sangat padat di University of Colorado Boulder (CU Boulder). Dr. Sc. Yayu Indriati Arifin, M.Si. menceritakan pengalamannya dalam mengikuti kegiatan CDSR Scholars Exchange to USA yang diselenggarakan pada tanggal 1-12 April 2019.

28 Jul 19

Peneliti CDSR Mempresentasikan Riset Selubung Dinding Algae di Melbourne, Australia

Oleh : Administrator

Isu tentang hemat energi terus digaungkan oleh berbagai pihak, tak terkecuali oleh para akademisi. Salah satu peneliti Center for Development of Sustainable Region (CDSR), Nissa Aulia Ardiani, S.T., M.Sc., melakukan penelitian tentang "Feasibility of Algae Photobioreactor as Fac?ade in the Office Building in Indonesia". Penelitian tersebut berkaitan dengan fasad/selubung dinding dari algae photobioreactor /ganggang yang bisa menurunkan konsumsi energi suatu bangunan.

08 Jul 19

Cerita dari CDSR Scholars Exchange: Petikan Wawancara dengan Dr. Eng. Mochamad Donny Koerniawan, S.T., M.T. tentang Scholars Exchange

Oleh : Administrator

Dr. Eng. Mochamad Donny Koerniawan, S.T., M.T., peneliti CDSR yang juga merupakan Dosen di Departemen Arsitektur, Institut Teknologi Bandung (ITB), mengikuti CDSR Scholars Exchange pada tanggal 30 Maret - 22 April 2019 di University of Colorado Boulder (CU Boulder). Kegiatan Scholars Exchange ini memberikan kesempatan kepada para peneliti Indonesia untuk merasakan atmosfer pembelajaran dan penelitian di USA, khususnya di CU Boulder.

 

04 Jul 19

Berkat Dukungan Program SHERA, Risman Jaya, S.Pd., M.Si. Mempresentasikan Dua Paper di Hangzhou, Tiongkok

Oleh : Administrator

USAID melalui program SHERA senantiasa mendukung para peneliti Indonesia untuk berpartisipasi dalam forum ilmiah internasional. Risman Jaya, S.Pd., M.Si., salah satu peneliti Centre for Development of Sustainable Region (CDSR) berkesempatan untuk mengikuti 2019 4th Asia Conference on Power and Electrical Engineering (ACPEE 2019). Konferensi tersebut diselenggarakan di Hotel Hamton by Hilton, Hangzhou, Tiongkok pada tanggal 26-30 Maret 2019.

30 Jun 19

Cerita dari CDSR Scholars Exchange: Pengalaman Pertama ke USA

Oleh : Administrator

Kegiatan CDSR Scholars Exchange memberikan pengalaman dan kesan tersendiri bagi para Peneliti CDSR. Dr. Talha Dangkua, M.Si. menceritakan pengalamannya dalam kegiatan tersebut. Pengalaman mengikuti kegiatan ini mengantarkan Dr. Talha ke USA untuk yang pertama kalinya. Dekan di Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGo) tersebut mengikuti kegiatan scholars exchange ini pada tanggal 1-12 April 2019 di University of Colorado Boulder (CU Boulder).

28 Jun 19

Cerita dari CDSR Scholars Exchange: Guna Meningkatkan Kualitas Penelitian, Wahri Sunanda, S.T., M. Eng. Berkonsultasi ke Dua Profesor di CU Boulder

Oleh : Administrator

Kegiatan CDSR Scholars Exchange ke USA memberikan pengalaman tersendiri bagi para pesertanya. Tak terkecuali bagi Wahri Sunanda, S.T., M.Eng. yang merupakan peneliti sekaligus Monitoring, Evaluation and Learning Specialist CDSR UBB. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 1 - 12 April 2019 di University of Colorado Boulder (CU Boulder) memberikan banyak pengetahuan dan manfaat dalam kerangka pengembangan kapasitas dan jejaring internasional.

 

21 Jun 19

Tindak Lanjuti Kerjasama dengan CDSR, UC Davis Kunjungi UGM

Oleh : Administrator

CDSR terus berupaya untuk memperkuat jejaring dengan berbagai perguruan tinggi maupun institusi lain di USA. Pada tanggal 12 April 2019 yang lalu, Tim Manajemen CDSR berkunjung ke University of California, Davis (UC Davis). Kunjungan tersebut bertujuan untuk membuka potensi kerjasama penelitian antara CDSR dengan UC Davis. Sebagai tindak lanjut dari kunjungan Tim Manajemen CDSR ke UC Davis tersebut, Nathan Camp (Manager of International Training and Education Outreach) UC Davis mengunjungi Universitas Gadjah Mada (UGM) pada tanggal 20 Juni 2019. Kunjungan tersebut bertujuan untuk melanjutkan pembahasan draft MoU kerjasama penelitian UC Davis dengan CDSR. MoU tersebut diinisiasi oleh CDSR dan akan memayungi secara umum kerjasama di bidang Energi, Maritim and Lingkungan serta bidang lainnya seperti dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

19 Jun 19

Cerita dari CDSR Scholars Exchange: Kolaborasi Penulisan Paper dengan Peneliti CU Boulder

Oleh : Administrator

Salah satu target kegiatan CDSR Scholars Exchange adalah adanya kolaborasi dalam pembuatan paper antara peneliti di Indonesia dengan peneliti di USA. Dwi Novitasari, S.T., M.T. mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan Peneliti di USA dalam kegiatan CDSR Scholars Exchange yang dilaksanakan pada tanggal 30 Maret - 22 April 2019. Peneliti CDSR yang berasal dari Universitas Gadjah Mada (UGM) tersebut berkesempatan untuk berkolaborasi dengan Prof. Bernard Amadei, Ph.D. Beliau adalah Distinguished Professor dan Professor di Civil Engineering, University of Colorado at Boulder (CU Boulder).

30 May 19

Pendekatan Genomik untuk Peningkatan Produksi Berbasis Sumberdaya Alam Hayati

Oleh : Administrator

Sebagai salah satu perwujudan kolaborasi riset dalam program USAID SHERA (Sustainable Higher Education Research Alliance), Peneliti-Peneliti CDSR mengikuti program CDSR Scholars Exchange to USA. Kegiatan tersebut bertujuan untuk saling berbagi pengetahuan antara peneliti dari Indonesia dan USA serta mengembangkan kerjasama antara universitas-universitas di Indonesia dengan universitas atau institusi lain di USA. Pada periode pertama yang berlangsung pada tanggal 30 Maret 2019 - 22 April 2019, terdapat 10 peneliti yang terlibat. Salah satunya adalah Dr. Ir. Ulfah Juniarti Siregar M.Agr. yang juga merupakan Dosen di Dosen Departemen Silvikultur, Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor.