30 May 19

Pendekatan Genomik untuk Peningkatan Produksi Berbasis Sumberdaya Alam Hayati

Oleh : Administrator

Sebagai salah satu perwujudan kolaborasi riset dalam program USAID SHERA (Sustainable Higher Education Research Alliance), Peneliti-Peneliti CDSR mengikuti program CDSR Scholars Exchange to USA. Kegiatan tersebut bertujuan untuk saling berbagi pengetahuan antara peneliti dari Indonesia dan USA serta mengembangkan kerjasama antara universitas-universitas di Indonesia dengan universitas atau institusi lain di USA. Pada periode pertama yang berlangsung pada tanggal 30 Maret 2019 - 22 April 2019, terdapat 10 peneliti yang terlibat. Salah satunya adalah Dr. Ir. Ulfah Juniarti Siregar M.Agr. yang juga merupakan Dosen di Dosen Departemen Silvikultur, Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor.

29 May 19

Teliti Biochar Kotoran Ayam, Peneliti CDSR Ikuti International Conference di Oxford, Inggris

Oleh : Administrator

Limbah peternakan yang menumpuk dan tidak dikelola dengan baik dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. Secara alamiah, ternak-ternak ruminansia akan menghasilkan gas methan dari hasil metabolismenya. Gas methan yang tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan Efek Rumah Kaca yang kemudian dapat menyebabkan fenomena pemanasan suhu permukaan bumi (global warming). Gas methan yang dihasilkan dari limbah peternakan tersebut berpotensi untuk dijadikan sumber energi terbarukan. Limbah peternakan tersebut dapat dimasukkan ke dalam sebuah tangki biodigester untuk menjalani proses fermentasi anaerob untuk dijadikan biogas.

27 May 19

Lowongan Penulis Artikel Populer

Oleh : Administrator

CDSR sedang membutuhkan 3 orang penulis artikel populer untuk menuliskan kembali hasil penelitian dalam bahasa yang ringan dan mudah dimengerti oleh berbagai kalangan pembaca. Surat Lamaran dan CV lengkap yang sesuai dengan persyaratan di atas dapat dikirimkan ke alamat email shera.cdsr@gmail.com, ccr.cdsr@gmail.com paling lambat tanggal 31 Mei 2019 pukul 17.00.

 

15 May 19

Persiapkan SDM Pengelola PLTS di Pulau Semujur, CDSR UBB Selenggarakan Pelatihan PLTS

Oleh : Administrator

Salah satu kegiatan yang sedang dilaksanakan oleh para peneliti Centre for Development of Sustainable Region (CDSR) Universitas Bangka Belitung (UBB) adalah persiapan pembuatan lokasi penelitian mikroalgae di Pulau Semujur. Lokasi penelitian mikroalgae tersebut identik dengan Nogotirto Algae Park yang dikembangkan oleh para peneliti Universitas Gadjah Mada. Lokasi penelitian mikroalgae tersebut membutuhkan energi listrik yang nantinya akan disuplai oleh instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

14 May 19

Survei Calon Lokasi Penelitian Mikroalgae di Pulau Semujur

Oleh : Administrator

Dalam rangka pembangunan lokasi penelitian dan budidaya mikroalgae, pada tanggal 3 Mei 2019 Tim Peneliti Mikroalgae CDSR berkunjung ke Pulau Semujur. Tim Peneliti ini dipimpin langsung oleh Dr. Eko Agus Suyono, M.App.Sc., peneliti Fakultas Biologi UGM sekaligus pengembang Nogotirto Algae Park UGM. Dalam survei tersebut, Beliau didampingi langsung oleh Director dan Partnership Manager CDSR, Dr. Rachmawan Budiarto, S.T., M.T. Selain itu, turut serta dalam survei ini adalah Eva Utami, S.Si., M.Si selaku peneliti dari Program Studi Ilmu Kelautan, Universitas Bangka Belitung. Beliau merupakan salah satu peneliti yang akan mengembangbiakkan mikroalgae di Pulau Semujur. Turut serta dalam rombongan tersebut adalah Laras Prasakti (peneliti di Nogotirto Algae Park UGM) dan Yuant Tiandho S.Si., M.Si (Grant & Finance Manager CDSR Universitas Bangka Belitung). Masyarakat setempat juga dilibatkan dalam kegiatan survei tersebut.

07 May 19

Teliti Baterai untuk Sistem Energi Terbarukan, Peneliti CDSR Mengikuti Konferensi IRES di Dusseldorf, Jerman

Oleh : Administrator

Program Sustainable Higher Education Research Alliances (SHERA) yang didanai oleh USAID mendukung kiprah para peneliti Indonesia dalam forum ilmiah internasional. Pada kesempatan kali ini, Dinna Fitriyana yang merupakan salah satu peneliti Center for Development of Sustainable Region (CDSR) berkesempatan untuk mengikuti International Renewable Energy Storage (IRES) Conference 2019 di Dusseldorf, Jerman dengan dukungan dari USAID SHERA. Pada konferensi yang diselenggarakan pada tanggal 10-15 Maret 2019, Dinna mempresentasikan hasil riset terkait baterai untuk sistem energi terbarukan dengan judul "Optimal Sizing and Dispatch Schedule of Battery Storage in Grid-Connected Microgrid".

 

01 May 19

Gali Keberlanjutan Program, Tim USAID MESP Kunjungi CDSR

Oleh : Administrator

Tim USAID Monitoring and Evaluation Support Project (MESP) mengunjungi Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk melakukan Sustainability Assessment terhadap CDSR. Pada kunjungan yang dilaksanakan tanggal 29-30 Mei 2019 ini, Tim USAID MESP diwakili oleh William Dunworth dan Khairan Indriani. Tim USAID MESP mewawancarai manajemen CDSR, dosen/peneliti yang terlibat, mahasiswa S2 dan S3 serta perwakilan institusi UGM.

29 Apr 19

Lakukan Sustainability Assessment, Tim USAID MESP Kunjungi Gorontalo

Oleh : Administrator

Tim USAID Monitoring Evaluation Support Project (USAID MESP) mengunjungi Gorontalo, tepatnya di Universitas Negeri Gorontalo (UNG) dan Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGo), guna melakukan sustainability assessment di kedua kampus tersebut. UNG dan UMGo merupakan universitas affiliate yang tergabung dalam Center for Development of Sustainable Region (CDSR), suatu Center Collaboration Research (CCR) yang bergerak di bidang energi, maritim dan lingkungan yang didanai oleh program USAID SHERA.

23 Apr 19

Teliti tentang Keberlanjutan Biogas, Peneliti CDSR Ikuti Konferensi di Leuven, Belgia

Oleh : Administrator

Melalui sharing dan diskusi di konferensi ini, Margaretha menyampaikan bahwa selain menambah luas jejaring dengan peneliti luar negeri, Beliau mendapat masukan dari peserta lain untuk mengembangkan riset keberlanjutan biogas tersebut dari segi ekonomi. Kegiatan hibah konferensi internasional yang merupakan bagian dari program kolaborasi riset USAID SHERA ini, diharapkan mampu mendukung para peneliti Indonesia untuk meningkatkan kualitas penelitian.

 

21 Apr 19

Hari Kelimabelas Program CDSR Scholars Exchange to USA: Presentasi Kegiatan dan Paper oleh Para Peneliti CDSR

Oleh : Administrator

Hari Jumat, tanggal 19 April 2019 atau hari kelimabelas Program CDSR Scholars Exchange to USA merupakan hari terakhir para peneliti CDSR di CU Boulder. Pada hari terakhir ini, empat peneliti CDSR yang masih tersisa mempresentasikan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan serta paper yang telah disusun di CU Boulder. Pada kesempatan tersebut, turut hadir Prof. John Z. Zhai selaku Partnership Manager CDSR CU Boulder.

20 Apr 19

Hari Keempatbelas Program CDSR Scholars Exchange to USA: Greenhouse di CU Boulder

Oleh : Administrator

Untuk mendukung penelitiannya di bidang silvikultur, Dr. Ir. Ulfah Juniarti S. M.Agr. dan Dr. Adisti Permatasari P. H., S.Hut., M.Si. mengunjungi green house atau rumah kaca di Departemen Ecology and Evolutionary Biology (EBIO), CU Boulder. Rumah kaca tersebut memiliki koleksi beragam tanaman yang digunakan untuk pengajaran dan penelitian di CU Boulder. Kunjungan tersebut dilaksanakan pada hari keempatbelas Program CDSR Scholars Exchange to USA atau hari Kamis, tanggal 18 April 2019. Dalam kunjungan tersebut, peneliti CDSR bertemu dengan Tess Additon yang merupakan Greenhouse Manager EBIO.

19 Apr 19

Hari Ketigabelas Program CDSR Scholars Exchange to USA: Kunjungan ke Colorado State Forest Service (CSFS) dan Colorado State University (CSU)

Oleh : Administrator

Selain berdiskusi tentang paper dengan para peneliti di CU Boulder, para peneliti CDSR juga berkesempatan untuk mengunjungi instansi lain untuk belajar tentang berbagai hal. Salah satunya adalah dengan berkunjung ke Colorado State Forest Service (CSFS) serta Colorado State University (CSU).