Launching Program SHERA

 

CDSR NEWS - SHERA merupakan program kerjasama Kemenristekdikti dengan United Stated Agency for International Development (USAID) dalam rangka penguatan kapasitas institusi perguruan tinggi menuju penelitian kelas dunia serta untuk meningkatkan peringkat perguruan tinggi Indonesia di jajaran 500 top dunia.

Pada hari Selasa, tanggal 21 Maret 2017 yang lalu secara resmi telah diadakan Launching Program Sustainable Higher Education Research Alliances (SHERA) yang didukung oleh USAID. Acara berlangsung di Auditorium Gedung D Lantai 2, Kantor Kemenristekdikti, Senayan, Jakarta.

Program SHERA dilakukan selama empat tahun dengan membentuk sebuah pusat kolaborasi penelitian (Center for Collaboration Research / CCR) yang dipimpin oleh satu universitas di Indonesia dengan minimal tiga universitas anggota di Indonesia serta minimal 1 universitas di USA. Beberapa tema yang ditawarkan adalah sebagai berikut:

1. Food Security and Self Sufficiency
2. Environment , Energy and Maritime Sciences
3. Public Health and Infectious Disease
4. Urban Development and Planning
5. Innovative Technology

Berdasarkan tema tersebut, terdapat lima perguruan tinggi yang menjadi lead pada setiap tema. Universitas Gadjah Mada menjadi lead dalam tema Environment, Energy and maritime Sciences (EEMS) dengan anggota Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Bangka Belitung, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Muhammadiyah Gorontalo, serta University of Colorado at Boulder. Kolaborasi riset ini membentuk Center of Development for Sustainable Region (CDSR) atau Pusat Pengembangan Wilayah Berkelanjutan.

Acara launching dilanjutkan dengan workshop yang diikuti oleh seluruh manajemen yang tergabung dalam program SHERA dari berbagai universitas pada lima tema yang telah terpilih. Kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari di Hotel Grand Zuri, BSD, Tangerang. Dalam workshop ini, dilakukan pembekalan pada masing-masing peran kunci di setiap CCR yaitu Partnership Manager (PM), Monitoring, Evaluation and Learning (MEL) Specialist dan Grant and Finance (G&F) manager. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk memperlancar kegiatan di masing-masing universitas selama empat tahun ke depan.


Leave a Comment