Penelitian tentang Penerapan Arsitektur Tradisional Kairo di ICACE 2018

 

CDSR NEWS - International Conference on Architecture and Civil Engineering (ICACE) adalah konferensi yang mewadahi berbagai topik dari bidang Arsitektur dan Teknik Sipil. Konferensi ini diadakan di Parkroyal Hotel Batu Ferringhi, Penang, Malaysia pada tanggal 9-10 Mei 2018. Konferensi ini bertujuan untuk menyatukan para akademisi dan para ahli industri dari berbagai negara untuk dapat bertukar pendapat dan pencapaian pada bidang masing-masing. Konferensi ini diadakan oleh Sigma Research and Consulting Sdn. Bhd., yaitu sebuah perusahaan yang bergerak di berbagai bidang industri yang ingin menjembatani akademisi dan ahli industri. Aktivitas-aktivitas utama dari perusahaan tersebut diantaranya adalah menyelenggarakan konferensi-konferensi, pelatihan singkat, publikasi dan konsultasi.

Irma Handayani Lubis, S.T., M.Sc. yang merupakan salah satu peneliti Center for Development of Sustainable Region (CDSR) ikut berpartisipasi dalam ICACE 2018. Irma yang juga merupakan peneliti dari Institut Teknologi Bandung mempresentasikan hasil penelitiannya pada sesi C di Ruang Serai Parkroyal Hotel Batu Feringgi. Moderator dalam sesi ini adalah Dr. Sumarni Ismail yang berasal dari Poznan Universiti Putra Malaysia. Pada sesi ini terdapat 11 penulis yang hadir dari 19 penulis yang terjadwal untuk mempresentasikan karya ilmiah masing-masing.

Dalam ICACE 2018, Irma mempresentasikan hasil penelitiannya yang berjudul “The Application of Traditional Architecture Strategies for Modern Architecture in Hot Dry Climate”. Dalam penelitian tersebut, Irma berkolaborasi dengan Dr. Eng. Moch. Donny Kurniawan, S.T., M.T. dan Dr. Rachmawan Budiarto, S.T., M.T. Penelitian tersebut terinspirasi dari tugas kuliah Irma yang berjudul Building in Different Climates pada saat menempuh jenjang magister di The University of Nottingham.

Penelitian tersebut berkaitan dengan bagaimana penerapan arsitektur tradisional di Kairo yang memiliki respon yang baik terhadap kondisi ekstrim pada iklim panas kering diterapkan pada arsitektur modern di Kairo. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi-strategi desain pasif yang terdapat pada arsitektur tradisional pada arsitektur modern di wilayah beriklim panas kering. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kinerja desain bangunan berbasis simulasi komputer, yaitu menggunakan perangkat lunak Revit dan Ansys Fluent CFD Simulation. Kasus yang diambil dalam penelitian ini adalah sebuah desain blok masa bangunan perkantoran yang berlokasi di area pinggir Sungai Nil. Masa bangunan sebelumnya diasumsikan telah diberikan oleh pemilik proyek, kemudian dikembangkan melalui desain dengan penerapan strategi-strategi desain pasif arsitektur tradisional Kairo seperti, penghawaan alami, passive solar heating, dan evaporative cooling. Penerapan strategi-strategi tersebut diwujudkan melalui penggunaan elemen-elemen arsitektur tradisional seperti taman di dalam rumah, mashrabiyya (kisi-kisi jendela), qamariyah (bukaan tradisional), menara, dan shuksheika (bukaan pada Menara).

Menurut Irma, keikutsertaannya dalam konferensi ini menambah banyak pengalaman dan pelajaran terutama dalam hal membuat karya ilmiah serta mempresentasikannya kepada sesama peneliti. Beberapa hal yang dapat dipelajari dari keikutsertaan dalam konferensi ini diantaranya adalah meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dalam menulis sebuah karya ilmiah serta memperbanyak referensi ilmiah yang dapat digunakan untuk penelitian selanjutnya.


Leave a Comment