Demi Mendukung Penelitian Mengenai Nearly Zero-Energy Building (nZEB), INSGREEB Mengadakan Demo IES-VE

 

CDSR NEWS - Integrated Smart and Green Building (INSGREEB) adalah salah satu unit penyelenggara riset di Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika (sebelumnya Departemen Teknik Fisika), Universitas Gadjah Mada. INSGREEB berfokus pada pengintegrasian konsep teknologi hijau dan pintar pada bangunan. INSGREEB berkolaborasi dengan Center for Development of Sustainable Region (CDSR) dalam rangka penelitian dengan topik Nearly Zero-Energy Building (nZEB) di daerah tropis.

Dalam rangka mendukung penelitian dengan topik tersebut, INSGREEB mendapat kunjungan dari Mr. Sriman NCVK (Senior Business Development Manager for Asia) yang mengadakan demo software IES-VE (https://www.iesve.com/software). Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 2 Januari 2019 di Ruang Sidang, Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika, Universitas Gadjah Mada. Kegiatan ini dihadiri oleh para peneliti INSGREEB, mahasiswa S1 dan S2, perwakilan CDSR, perwakilan Direktorat Perencanaan UGM serta konsultan green building.

Dalam sambutannya, Sentagi Sesotya Utami, S.T., M.Sc., Ph.D. selaku koordinator INSGREEB, selain menyampaikan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan oleh INSGREEB, Beliau juga memperkenalkan para peneliti yang tergabung dalam INSGREEB. Sentagi menyampaikan pula bahwa kegiatan pada hari tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan penelitian yang akan dilaksanakan INSGREEB yang didukung penuh oleh CDSR.

Mr. Sriman NCVK menyampaikan bahwa IES-VE (Integrated Environmental Solutions - Virtual Environment) adalah perangkat lunak pemodelan kinerja dan analisis energi pada bangunan. IES-VE menawarkan berbagai macam modul simulasi bangunan. IES-VE dapat digunakan oleh perancang untuk membandingkan berbagai teknologi terbarukan dan rendah karbon serta dapat digunakan untuk menganalisis penggunaan energi, menganalisis emisi CO2 dan kenyamanan penghuni. Secara umum, IES-VE digunakan untuk merancang efisiensi energi dalam bangunan. Dalam paparannya, Mr. Sriman NCVK menjelaskan fungsi serta memberikan contoh kasus yang bisa disimulasikan dengan IES-VE. Pada kesempatan ini, Mr. Sriman NCVK mendemokan penggunaan IES-VE untuk mendapatkan efisiensi energi dalam bangunan.

Ke depannya, IES-VE akan digunakan oleh INSGREEB sebagai alat simulasi suatu bangunan dalam aspek energi, termal, pencahayaan dan radiasi. Simulasi tersebut bertujuaan untuk mendapatkan hasil paling optimal dalam penggunaan energi di suatu bangunan. Selanjutnya, IES-VE diharapkan dapat membantu para peneliti di INSGREEB untuk melakukan penelitian dalam kerangka CDSR dengan topik Nearly Zero-Energy Building (nZEB) di daerah tropis.


Leave a Comment