Dalam Rangka Limited Financial Review, Tim USAID Kunjungi CDSR

 

CDSR NEWS - Tim USAID yang terdiri dari Jalu Cahyanto, Ravindral Surais, Fenny Chudri, Ayu Sri Utari dan Rebecca Renaningtyas melaksanakan kunjungan ke Kantor CDSR yang berada di Pusat Studi Energi (PSE) Universitas Gadjah Mada (UGM) yang beralamatkan di Sekip Blok K1-A, Yogyakarta. Kunjungan ini bertujuan untuk melaksanakan Limited Financial Review (LFR) terhadap kinerja CDSR selama ini. Kegiatan LFR ini dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 11-12 Maret 2019. Pada kunjungan ini, Tim USAID disambut oleh Dr. Deendarlianto, Kepala Pusat Studi Energi (PSE) UGM serta Dr. Rachmawan Budiarto, S.T., M.T. selaku Direktur CDSR. Hadir juga Suhono, S.T., M.Eng. dan Dwi Novitasari, S.T., M.T. selaku Monitoring, Evaluation and Learning Coordinator serta Fitrotun Aliyah, S.T., M.Eng. selaku Grant and Finance Manager

Kegiatan ini dimulai dengan pengenalan Pusat Studi Energi oleh Dr. Deendarlianto. Beliau menyampaikan pengalaman PSE dalam melaksanakan berbagai proyek yang berkaitan dengan energi terbarukan. Dr. Rachmawan Budiarto, S.T., M.T. memaparkan pencapaian CDSR selama ini. Beliau menekankan bahwa CDSR mampu meningkatkan partisipasi universitas-universitas yang tergabung dengan CDSR dalam kegiatan penelitian maupun keikutsertaan dalam forum ilmiah internasional. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi antara perwakilan CDSR dan Tim USAID. Tim USAID sangat tertarik dengan segala pencapaian CDSR dan bagaimana proses untuk mencapainya.

Tim USAID juga berdiskusi dengan Suhono, S.T., M.Eng. dan Dwi Novitasari, S.T., M.T. mengenai perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi kegiatan yang dijalankan oleh CDSR. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi antara Tim USAID dengan Tim Finance CDSR yang dipimpin oleh Fitrotun Aliyah, S.T., M.Eng. Beliau didampingi oleh Dyah Ayu Yuli, S.T. selaku Grant and Finance Assistant, Cecilia Sri Agustina dan Dwiasri Nuraini selaku Finance officer. Tim USAID juga diajak oleh Tim Finance CDSR untuk melihat segala pemberkasan administrasi dan keuangan CDSR. Secara umum, Tim USAID mengapresiasi kinerja CDSR selama ini dan memberikan beberapa masukan terkait administrasi dan keuangan. Sejauh ini, CDSR menjadi yang terbaik dalam pengelolaan keuangan.

Pada hari kedua, Tim USAID mengunjungi area Nogotirto Algae Park UGM yang terletak di Desa Nogotirto, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Algae Park UGM adalah sebuah wahana pembudidayaan dan pengembangan mikroalga berbasis riset yang dikembangkan oleh Dr. Eko Agus Suyono dan Prof. Arif Budiman yang merupakan para peneliti CDSR. Kunjungan ini langsung dipandu oleh Dr. Rachmawan Budiarto, S.T., M.T. untuk menjelaskan penelitian-penelitian CDSR yang dilaksanakan di area Nogotirto Algae Park UGM. Tim USAID terlihat sangat antusias untuk mengetahui proses budidaya mikroalga serta produk-produk hasil olahannya.


Leave a Comment