Hari Pertama Program CDSR Scholars Exchange to USA : Welcome Speech

 

CDSR NEWS - Para Peneliti CDSR berangkat dari Bandara Soekarno Hatta pada pukul 21. 50 WIB (GMT +7) tanggal 30 Maret 2019 dan sampai di Denver (Ibukota Negara Bagian Colorado, USA) pada pukul 13.49 Waktu Colorado (GMT -6) tanggal 31 April 2019. Perbedaan waktu antara Yogyakarta dan Colorado adalah 13 jam. Setelah menempuh kurang lebih 29 jam perjalanan dari Jakarta menuju Colorado, Para Peneliti CDSR sudah dinanti dengan jadwal kegiatan yang sangat padat di University of Colorado Boulder (CU Boulder). Sebagai informasi, CU Boulder merupakan universitas mitra CDSR yang berasal dari USA dalam program skema kolaborasi riset The USAID-funded Sustainable Higher Education Research Alliances (SHERA).

Pada hari pertama Program CDSR Scholars Exchange to USA, tanggal 1 April 2019, Peneliti CDSR dengan didampingi oleh Dr. Rachmawan Budiarto, S.T., M.T. selaku Director dan Partnership Manager CDSR dan Sarjiya, S.T., M.T., Ph.D. selaku Monitoring, Evaluation and Learning Specialist CDSR menghadiri acara welcome speech dan pembukaan program ini. Kegiatan tersebut dilaksanakan di ECES Conference Room, CU Boulder. Dalam kesempatan ini, Dr. Rachmawan menyampaikan tentang update kegiatan dan capaian CDSR sampai saat ini. Dr. Rachmawan juga menyampaikan maksud dan tujuan dari program exchange ini. Tidak lupa Beliau menyampaikan terima kasih atas kerjasama yang sudah terjalin dengan CU Boulder.

Kesempatan ini juga dihadiri oleh perwakilan dari CU Boulder, yaitu: Prof. Keith Molenaar, Prof. John Zai dan Prof. Moncef Krarti. Dalam sambutannya, Prof. Keith Molenaar yang juga merupakan Associate Dean for Research di College of Engineering & Applied Science menceritakan tentang CU Boulder khususnya tentang penelitian-penelitian yang ada di College of Engineering & Applied Science.

Prof. John Zai selaku Partnership Manager CDSR University of Colorado Boulder mempresentasikan mengenai Civil, Environmental and Architectural Engineering serta penelitian-penelitian yang ada di sana. Sementara itu, Prof. Moncef Krarti menyampaikan penelitian-penelitian yang berkaitan dengan Building Energy Systems. Sebagai informasi, pada beberapa waktu yang lalu Prof. Moncef melakukan kunjungan ke Indonesia untuk memberikan serangkaian pelatihan dan kuliah umum di beberapa kampus-kampus yang tergabung dalam CDSR. Selanjutnya, Prof. John Zai dan Prof. Moncef Krarti akan menjadi mentor bagi para peneliti CDSR selama program exchange ini.

Kegiatan pada hari pertama ditutup dengan keliling-keliling kampus untuk mengetahui lebih lanjut tentang CU Boulder.


Leave a Comment