Hari Ketiga Program CDSR Scholars Exchange to USA: Kunjungan ke CSU Powerhouse Energy Campus

 

CDSR NEWS - Pada tanggal 3 April 2019, Dr. Rachmawan Budiarto, S.T., M.T. selaku Director dan Partnership Manager CDSR dan Sarjiya, S.T., M.T., Ph.D. selaku Monitoring, Evaluation and Learning Specialist CDSR melanjutkan agendanya dengan mengunjungi Colorado State University (CSU) dalam rangka memperluas kerjasama dengan institusi lain di USA. Kegiatan pertama di CSU adalah kunjungan ke CSU Powerhouse Energy Campus. Rombongan CDSR disambut langsung oleh Prof. Bryan Willson selaku Executive Director of the Energy Institute at Colorado State University.

CSU Powerhouse Energy Campus adalah sebuah fasilitas penelitian CSU berupa bangunan yang menerapkan konsep green building. Bangunan yang memiliki luas 100.000 kaki persegi ini merupakan model bangunan yang menerapkan prinsip keberlanjutan dan desain arsitek yang inovatif sehingga mendapatkan Platinum Level LEED certification dari U.S. Green Building Council. Bangunan tersebut diprediksi dapat menghemat energi sebanyak 50-55 % jika dibandingkan dengan bangunan komersil lainnya. Bangunan tersebut dilengkapi dengan panel surya berkapasitas 20 kWp yang akan membantu suplai daya listrik ke bangunan tersebut. Di bangunan tersebut juga dikembangkan sistem algae photobioreactor dalam rangka budidaya bahan baku biofuel skala besar. Di CSU Powerhouse Energy Campus juga terdapat mobil listrik yang dikembangkan oleh para peneliti di CSU. CSU Powerhouse Energy Campus merupakan model bangunan yang dapat menjadi referensi penelitian yang mencakup banyak tema penelitian di CDSR.

Dr. Rachmawan Budiarto dan Sarjiya, Ph.D. juga bertemu dengan Peter Backlund yang menjabat sebagai Associate Director, School of Global Environmental Sustainability CSU untuk membuka potensi kerjasama penelitian. Selanjutnya, rombongan CDSR bertemu dengan Chad Hoseth, Directur of International Initiatives CSU, dan Sarah D. Olson, Senior Coordinator for International Partnership CSU, untuk mencoba menjalin kolaborasi internasional antara CDSR dan CSU. Kegiatan di CSU secara umum dilakukan untuk memperluas jaringan kerjasama CDSR.

Di lokasi yang lain, Peneliti-Peneliti CDSR mulai diskusi dengan Peneliti CU Boulder tentang paper yang telah dipersiapkan dari Indonesia. Pada program exchange ini, tiap Peneliti CDSR telah mempersiapkan masing-masing draft paper untuk didiskusikan dengan Peneliti dari USA. Kegiatan tersebut diharapkan mampu menghasilkan paper yang berkualitas untuk dipublikasikan di jurnal internasional. Hal tersebut merupakan salah satu tujuan dari kolaborasi riset dalam program USAID SHERA (Sustainable Higher Education Research Alliance) ini.

Pada hari ketiga ini, Peneliti-Peneliti CDSR berkesempatan untuk berdiskusi dengan Prof. John Z. Zhai. Beliau yang juga menjabat sebagai Partnership Manager CDSR University of Colorado Boulder adalah Profesor di bidang Building Systems Engineering. Beliau merupakan peneliti yang unik karena memiliki latar belakang doktoral di bidang Mekanika Fluida yang didapat dari Tsinghua University dan gelar Ph.D. di bidang Building Technology yang didapat dari Massachusetts Institute of Technology. Selain berdiskusi dengan Prof. Zhai, Peneliti-Peneliti CDSR juga disibukkan dengan mencari referensi jurnal ilmiah untuk memperkuat karya ilmiah yang sedang disusun.


Leave a Comment