Hari Kelima Program CDSR Scholars Exchange to USA: Pameran Documenting Change: Our Climate (Past, Present, Future)

 

CDSR NEWS - Pada hari Jumat, 5 April 2019, atau hari kelima pelaksanaan Program CDSR Scholars Exchange to USA, Peneliti-Peneliti CDSR terus mengikuti berbagai kegiatan. Salah satunya adalah dengan mengikuti kuliah Geological Engineering yang diampu oleh Prof. Bernard Amadei. Di dalam kuliah tersebut, Prof. Amadei juga menjelaskan mengenai wind turbine energy dan Engineering for Developing Communities. Sebagai informasi, Prof. Amadei merupakan professor di bidang Teknik Sipil dan merupakan dosen di Departemen Civil, Environmental and Architectural Engineering, CU Boulder. Beliau merupakan ahli di bidang Geotechnical Engineering & Geomechanics, Civil Systems dan Engineering for Developing Communities. Prof. Amadei juga merupakan Keynote Speakers dalam gelaran International Conference on Green Energy and Environment 2019 yang akan diselenggarakan oleh Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung apda tanggal 3-4 September 2019.

Peneliti-Peneliti CDSR juga berkesempatan untuk mengunjungi CU Boulder Art Museum. Dalam museum tersebut terdapat pameran dengan tema “Documenting Change: Our Climate (Past, Present, Future)”. Pameran tersebut menampilkan perubahan muka bumi yang disebabkan oleh perubahan iklim (climate change) dalam sebuah karya seni visual. Pameran terdapat memamerkan 70 karya seni yang berasal dari 31 seniman. Dalam pameran tersebut ditampilkan bahwa pengamatan kita terhadap dunia dipengaruhi oleh representasi waktu dan bentuk. Perubahan tersebut dapat dipelajari dan ditafsirkan baik oleh seorang ilmuwan maupun oleh seorang seniman.

Di tempat lain, Dr. Rachmawan Budiarto, S.T., M.T. selaku Director dan Partnership Manager CDSR dan Sarjiya, S.T., M.T., Ph.D. selaku Monitoring, Evaluation and Learning Specialist CDSR melakukan perjalanan ke Austin, Ibukota Negara Bagian Texas. Rombongan manajemen CDSR ini berkunjung ke University of Texas at Austin untuk memperluas jaringan kerjasama CDSR dengan institusi lainnya di USA.

Tim Manajemen CDSR mulai membahas mengenai MoU kerjasama dengan University of Texas at Austin. Pertemuan tersebut dihadiri oleh Prof. Surya Santoso (Dept. of Electrical & Computer Science) dan Mark Featherston (Assistant Director Office of Sponsored Project). Perwakilan dari University of Texas at Austin menyampaikan bahwa CDSR merupakan pintu kerjasama yang sangat strategis dalam membuka kerjasama dengan seluruh institusi dalam naungan CDSR. Mereka yakin bahwa Research and Development (R & D), pengajaran dan community service yang ditawarkan oleh CDSR memiliki banyak kesamaan dengan yang mereka kerjakan selama ini. Selanjutnya, Tim Manajemen CDSR juga berkesempatan untuk berdiskusi dengan Prof. Charles J. Werth (Chair in Environmental Health Engineering) dan Prof. Spyros Kinnas (Offshore Technology Research Centre) untuk membuka pintu kerjasama yang lainnya. Kunjungan pada hari tersebut di University of Texas at Austin ditutup dengan kunjungan ke beberapa laboratorium.


Leave a Comment