Hari Kesepuluh Program CDSR Scholars Exchange to USA: Presentasi Paper oleh 6 Peneliti CDSR

 

CDSR NEWS - Tanggal 12 April 2019, atau hari kesepuluh Program CDSR Scholars Exchange to USA, enam peneliti CDSR mempresentasikan kemajuan pengerjaan paper yang mereka susun dengan kolaborasi dengan peneliti-peneliti CU Boulder di hadapan Prof. John Zai (Partnership Manager CDSR University of Colorado Boulder). Beberapa peneliti dan judul paper yang ditulis adalah sebagai berikut.

1. Nissa Aulia Ardiani, S.T., M.Sc. (Institut Teknologi Bandung), dengan topik penelitian: “Net Zero Energy Building in Indonesia”
2. Dr. Talha Dangkua, M.Si. (Universitas Muhammadiyah Gorontalo), dengan topik penelitian: “Energy Literacy Knowledge in Senior High School, Gorontalo City”
3. Rika Favoria Gusa, S.T., M.Eng. (Universitas Bangka Belitung), dengan topik penelitian: “Feasibility Study of Photovoltaic System in Kelapan Island, Bangka”
4. Wahri Sunanda, S.T., M.Eng. (Universitas Bangka Belitung), dengan topik penelitian: “Analysis of Floating Photovoltaic on MinING Pit Lakes: Case Study in Bangka Belitung”
5. Dr. Yuszda K. Salimi, M.Si. (Universitas Negeri Gorontalo), dengan topik penelitian: “Optimalization of Alkaline Treatment on Microcrystalline Cellulose (MCC) from Corncorbs Waste”
6. Dr. Sc. Yayu Indriati Arifin, M.Si. (Universitas Negeri Gorontalo), dengan topik penelitian: “Rural Electrification using Renewable Energy Resources as Driving Force of Sustainable Development: a case study in Bone Bolango regency, Gorontalo Province, Indonesia”

Dari presentasi tersebut, Prof. John Zai memberikan beberapa masukan agar para peneliti CDSR tersebut rutin mengirim kemajuan dari pengerjaan paper tersebut tiap dua minggu sekali. Prof. John Zai juga menyarankan agar para peneliti CDSR melengkapi data dan mengolah data tersebut agar terlihat keterkaitan antardata tersebut. Beliau juga menyarankan agar lingkup penelitian fokus ke satu topik saja. Selanjutnya, tiap Peneliti diharapkan mengirimkan setidaknya satu makalah ke jurnal bereputasi. Program ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas karya ilmiah para peneliti Indonesia. Presentasi tersebut dilakukan sebelum ke 6 peneliti tersebut pulang terlebih dahulu ke Indonesia.

Sementara itu, di belahan USA yang lain, Dr. Rachmawan Budiarto, S.T., M.T. selaku Director dan Partnership Manager CDSR dan Sarjiya, S.T., M.T., Ph.D. selaku Monitoring, Evaluation and Learning Specialist CDSR terus memperluas jaringan kerjasama CDSR dengan institusi lain di USA. Kali ini Tim Manajemen tersebut berkunjung ke University of California at Davis (UC Davis) untuk bertemu dengan para Professor di kampus tersebut. Tim Manajemen CDSR juga berkesempatan untuk mengunjungi laboratorium-laboratorium yang ada di UC Davis. Kunjungan di UC Davis ditutup dengan diskusi mengenai MoU kerjasama antara CDSR dan UC Davis yang langsung dipimpin oleh Joanna Regulska (Vice Provost & Assoc. Chancellor dari Global Affairs UC Davis). Kunjungan ke UC Davis ini menutup perjalanan Tim Manajemen CDSR di USA. Kunjungan Tim Manajemen di berbagai institusi/universitas di USA diharapkan mampu memperluas jaringan kerjasama CDSR serta mampu meningkatkan kolaborasi penelitian antara universitas-universitas di Indonesia dan USA. Selanjutnya, kerjasama-kerjasama tersebut dapat meningkatkan kualitas penelitian dan publikasi para peneliti Indonesia.


Leave a Comment