Hari Keempatbelas Program CDSR Scholars Exchange to USA: Greenhouse di CU Boulder

 

CDSR NEWS - Untuk mendukung penelitiannya di bidang silvikultur, Dr. Ir. Ulfah Juniarti S. M.Agr. dan Dr. Adisti Permatasari P. H., S.Hut., M.Si. mengunjungi green house atau rumah kaca di Departemen Ecology and Evolutionary Biology (EBIO), CU Boulder. Rumah kaca tersebut memiliki koleksi beragam tanaman yang digunakan untuk pengajaran dan penelitian di CU Boulder. Kunjungan tersebut dilaksanakan pada hari keempatbelas Program CDSR Scholars Exchange to USA atau hari Kamis, tanggal 18 April 2019. Dalam kunjungan tersebut, peneliti CDSR bertemu dengan Tess Additon yang merupakan Greenhouse Manager EBIO.

Rumah kaca EBIO memiliki bermacam-macam koleksi tanaman, ada yang tanaman gurun, tropis, hutan hujan dan temperate (yang tumbuh di wilayah empat musim). Rumah kaca di EBIO menggunakan media tanah campuran sesuai dengan spesies yang akan ditanam serta disiram setiap hari. Tanaman-tanaman tersebut dipupuk NPK tiap dua minggu sekali. Suhu rumah kaca juga disesuaikan dengan kebutuhan tiap jenis tanaman. Beberapa penelitian juga dilakukan di sana, seperti penelitian terkait grafting pada tanaman apel. Grafting adalah teknik penggabungan dua bagian tanaman (organ dan jaringannya) yang masih hidup sedemikian rupa sehingga keduanya dapat bergabung menjadi satu tanaman yang utuh yang memiliki sifat kombinasi antara dua organ atau jaringan yang digabungkan tadi. Selain itu, terdapat penelitian mengenai penggunaan media dari area padang pasir dan lain sebagainya.

Selain digunakan sebagai pendidikan dan penelitian bagi mahasiswa, juga digunakan sebagai tempat community service, seperti yang dilakukan oleh para narapidana. Mereka sedang melakukan penyemaian dan perawatan sayur-sayuran yang selanjutnya dibawa dan dikembangkan di sekitar lahan penjara. Sebagai informasi, Setiap narapidana di sana wajib melakukan community service, salah satunya dengan menanam sayuran tersebut.

Selain kunjungan, para peneliti CDSR melakukan persiapan presentasi mengenai progres paper yang dikerjakan serta tentang segala kegiatan selama mengikuti program exchange ini. Presentasi tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 19 April 2019 di hadapan Prof. John Z. Zhai selaku Partnership Manager CDSR CU Boulder.


Leave a Comment