Lakukan Sustainability Assessment, Tim USAID MESP Kunjungi Gorontalo

 

CDSR NEWS - Tim USAID Monitoring Evaluation Support Project (USAID MESP) mengunjungi Gorontalo, tepatnya di Universitas Negeri Gorontalo (UNG) dan Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGo), guna melakukan sustainability assessment di kedua kampus tersebut. UNG dan UMGo merupakan universitas affiliate yang tergabung dalam Center for Development of Sustainable Region (CDSR), suatu Center Collaboration Research (CCR) yang bergerak di bidang energi, maritim dan lingkungan yang didanai oleh program USAID SHERA.

Dalam kunjungan tersebut, Tim USAID MESP diwakili oleh William Dunworth untuk melakukan monitoring dan evaluasi di UNG. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 24-25 April 2019. William Dunworth disambut oleh Dr. Udin Hamim, S.Pd, M.Si. (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Universitas Negeri Gorontalo) dan Muziatun, S.Pd, M. App. Ling, Ph.D (Kepala UPT Kerjasama dan Layanan Internasional) serta Tim Manajemen CDSR UNG di Gedung Rektorat UNG. Dalam kegiatan tersebut, Tim USAID MESP melakukan wawancara terhadap Manajemen Affiliate CDSR UNG, pimpinan universitas, peneliti, mahasiswa dan mitra.

Sementara itu, Prof. Satryo Soemantri B. (Tim USAID MESP) melakukan monitoring dan evaluasi di Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGo) pada tanggal 26 April 2019. Prof. Satryo disambut oleh Dr. dr. H. Muhammad Isman Jusuf, Sp.S. (Rektor Universitas Muhammadiyah Gorontalo), Dr. Ir. Hasim, M.Si. (Wakil Rektor Bidang Riset, Pengembangan, dan Kerja Sama), Dr. Yuszda Salimi (Ketua LPPM UMGo), serta Tim Manajemen CDSR UMGo. Prof. Satryo mewawancarai Manajemen Affiliate CDSR UNG, pimpinan universitas, peneliti, mahasiswa dan mitra.

Tim USAID MESP menyampaikan bahwa kunjungan ini juga bertujuan untuk menemukan dan mempelajari potensi keberlanjutan CDSR setelah program SHERA ini selesai. Tim USAID MESP banyak menggali terhadap peran masing-masing universitas dalam CCR ini. CDSR diharapkan memberikan banyak dampak positif baik bagi mahasiswa, dosen/peneliti, institusi dan Pemerintah Daerah.


Leave a Comment