Persiapkan SDM Pengelola PLTS di Pulau Semujur, CDSR UBB Selenggarakan Pelatihan PLTS

 

CDSR NEWS - Salah satu kegiatan yang sedang dilaksanakan oleh para peneliti Centre for Development of Sustainable Region (CDSR) Universitas Bangka Belitung (UBB) adalah persiapan pembuatan lokasi penelitian mikroalgae di Pulau Semujur. Lokasi penelitian mikroalgae tersebut identik dengan Nogotirto Algae Park yang dikembangkan oleh para peneliti Universitas Gadjah Mada. Lokasi penelitian mikroalgae tersebut membutuhkan energi listrik yang nantinya akan disuplai oleh instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Guna mendukung Sumber Daya Manusia (SDM) lokal agar bisa mengelola PLTS, CDSR UBB mengadakan pelatihan PLTS pada tanggal 8-9 Mei 2019. Pelatihan yang diselenggarakan di UBB ini diikuti oleh 10 siswa SMKN 2 Pangkalpinang. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan siswa SMK tentang PLTS. Pelatihan tersebut juga merupakan bentuk kemitraan yang sedang dikembangkan oleh CDSR UBB dengan institusi lain.

Trainer pelatihan PLTS tersebut merupakan dosen-dosen Fakultas Teknik UBB. Berbagai materi yang diberikan, yakni: Konsep PLTS (daya dan energi, prinsip kerja PLTS yang beroperasi sendiri dan terkoneksi dengan sistem serta peralatan PLTS), Panel Surya (kapasitas panel surya, tegangan dan arus pada panel, kondisi kerja optimum dan pemilihan metode seri dan paralel), Baterai (kapasitas baterai, charge dan discharge), DC-DC converter dan DC-AC converter. Selain materi, juga diberikan praktikum tentang PLTS, baik yang beroperasi sendiri ataupun yang terkoneksi dengan sistem.

Pelatihan ini merupakan sesi awal dari kemitraan dengan SMK, karena akan masih banyak kegiatan berikutnya yang akan merangkul kemitraan dengan SMK. Selain pelatihan, juga akan dilakukan kegiatan kunjungan lapangan ke daerah yang energi listriknya dipasok oleh PLTS, sehingga memberikan gambaran yang utuh dan komprehensif dari pemanfaatan PLTS sebagai sumber energi listrik.


Leave a Comment