CDSR Mengikuti RITECH Expo 2019 di Denpasar, Bali

 

CDSR NEWS - Dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) ke 24, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menyelenggarakan pameran yang bertajuk Research Innovation and Technology (RITECH) Expo 2019. Tema HAKTEKNAS ke 24 ini adalah "IPTEK dan INOVASI dalam Industri Kreatif di Era Revolusi Industri 4.0”. RITECH Expo tahun ini diselenggarakan pada tanggal 25-28 Agustus 2019 di Lapangan Puputan Renon, Denpasar, Bali. RITECH Expo merupakan pameran tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dengan menampilkan berbagai hasil RISET dan INOVASI di bidang Teknologi. Pameran ini menyajikan berbagai produk inovasi unggulan dari perguruan tinggi, lembaga riset, industri, hingga para inovator yang keseluruhannya merupakan karya anak Bangsa.

Center for Development of Sustainable Region (CDSR) sebagai sebuah pusat kolaborasi riset (Center Collaboration Research/CCR) yang didanai melalui program Sustainable Higher Education Research Alliances (SHERA) – USAID berkesempatan untuk berpartisipasi dalam RITECH Expo 2019. CDSR bersama dengan CCR ANBIOCORE dan Smart City menampilkan hasil-hasil penelitiannya di booth USAID SHERA. CDSR menampilkan beberapa produk riset berupa kumpulan abstrak hasil riset serta video dokumentasi riset para peneliti CDSR. Selain itu, produk penelitian lain yang ditampilkan adalah ekstraksi minyak kemenyan dan produk pengolahan mikroalgae. Dalam RITECH Expo 2019 ini, para pengunjung booth CDSR akan bertemu dengan Dwi Novitasari, S.T., M.T. selaku Monitoring, Evaluation and Learning Coordinator CDSR yang akan menjelaskan segala pertanyaan yang berkaitan dengan CDSR.

Selama empat hari penyelenggaraan RITECH Expo 2019, para pengunjung sangat antusias untuk mengetahui apa itu CDSR, termasuk kegiatan-kegiatan dan penelitian-penelitian yang dilaksanakan. Beberapa pengunjung tertarik mengenai ekstraksi minyak kemenyan. Minyak tersebut sebenarnya diproduksi untuk industri parfum dan obat-obatan. Namun, masyarakat banyak yang ingin membelinya untuk berbagai keperluan, seperti untuk kegiatan ibadah maupun untuk parfum. Beberapa dari kalangan peneliti tertarik untuk melaksanakan riset bersama. Sementara itu, beberapa pelaku industri tertarik untuk ekstrak minyak kemenyan tersebut. Beberapa pengunjung lain tertarik pada produk mikroalgae, seperti sabun, suplemen serta produk bioplastik.

Keikutsertaan dalam RITECH Expo 2019 ini diharapkan dapat memperkenalkan berbagai hasil penelitian yang dihasilkan oleh para peneliti CDSR. Selain sebagai ajang untuk memperkenalkan berbagai produk penelitian, RITECH Expo juga merupakan sebuah wadah untuk membuka inisiasi kerjasama dengan berbagai pihak, seperti perguruan tinggi, instansi pemerintah serta industri. Oleh karena itu, keikutsertaan dalam kegiatan ini juga diharapkan mampu membuka potensi kerjasama dengan berbagai pihak lain.


Leave a Comment