Rika Favoria Gusa, S.T., M.Eng.

Posted on 2019-02-15
Rika Favoria Gusa, S.T., M.Eng. adalah Dosen di Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung (UBB). Di Jurusan Teknik Elektro UBB, Beliau mengampu mata kuliah Pengolahan Citra Digital dan Komputasi Numerik. Beliau menamatkan pendidikan sarjana di Program Studi Teknik Fisika dan pendidikan pascasarjana di Magister Teknik Elektro, Universitas Gadjah Mada.

Pada tahun 2016, Beliau menjadi Anggota Unit Penjaminan Mutu Fakultas Teknik UBB. Beliau juga pernah menjadi Ketua Jurusan Fisika, UBB pada tahun 2016-2017 dalam rangka mempersiapkan jurusan tersebut. Sejak tahun 2017 sampai sekarang, Beliau menjadi Anggota Tim Penilai Angka Kredit (TPAK) Fakultas Teknik UBB. Sejak tahun 2017, Beliau menjabat sebagai Partnership Manager UBB sekaligus sebagai Peneliti pada Centre For Development of Sustainable Region (CDSR) Program SHERA yang didanai USAID.

Guna menunjang implementasi ide penelitiannya, beberapa hibah penelitian telah didapatkan oleh Rika Favoria Gusa, S.T., M.Eng. Beberapa di antaranya adalah Hibah Desentralisasi DP2M DIKTI, 2012, dengan judul penelitian Pengolahan Citra Digital Untuk Menghitung Luas Daerah Bekas Penambangan Timah serta Hibah Skim Dosen Pemula DP2M DIKTI, 2014 dengan judul penelitian Pemetaan Zonasi Akuifer Air Tanah Untuk Sumber Daya Air Bersih Masyarakat Desa Balunijuk. Selain itu, Beliau juga pernah mendapatkan hibah penelitian dari program Hibah Skim Dosen Pemula DRPM pada tahun 2016 dengan judul penelitian "Desain Sistem Grid Connected Photovoltaic Pada Kawasan Perumahan di Kota Pangkalpinang dan Peluang Penghematan Ekonominya". Pada tahun 2017-2018, Beliau mendapatkan hibah penelitian dari program Hibah Skim Penelitian Strategis Nasional Institusi DRPM dengan judul penelitian "Peningkatan Efisiensi Konsumsi Energi Listrik Pada Kampus Berbasis Grid dan PV Array (Studi di Universitas Bangka Belitung)".

Rika Favoria Gusa, S.T., M.Eng. juga aktif menulis karya ilmiah yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah ataupun diikutkan dalam konferensi, baik nasional maupun internasional. Tercatat ada delapan karya ilmiah yang ditulis semenjak tahun 2013. Dua karya ilmiah terakhir diikutsertakan dalam konferensi internasional, yaitu: "Development of a Hybrid Power Supply Control Prototype for Solar-Powered Water Tank Pumping System" yang diikutsertakan dalam 2nd International Conference on Green Energy and Applications (ICGEA) Maret 2018 serta karya ilmiah dengan judul: "Monitoring System for Solar Panel Using Smartphone Based on Microcontroller" yang diikutsertakan dalam 2nd International Conference on Green Energy and Applications (ICGEA) pada Maret 2018.